Tugas 2 Individu

Menurut Nisbet, pembaruan pendidikan bisa melalui 4 (empat) tahapan ujian. Coba kamu pahami dan jelaskan keempat tahapan tersebut dengan menggunakan kalimatmu sendiri, kemudian berikan contoh konkret yang menggambarkan proses pendidikan yang terjadi pada dirimu sendiri.

Jawab:

4 (empat) tahapan ujian pembaruan pendidikan:

1. The incres in workload (pertambahan beban kerja)
Adalah pembaharuan pendidikan (baik itu struktur kurikulum, sistem pendidikan, dan metode pengajaran) harus sudah dipersiapkan dan dirancang sebelum sesuatu hal yang buruk terjadi dan mengganggu pendidikan sehingga ketika permasalahan pendidikan terjadi, kita dapat mengatasinya dan bukan malah baru sibuk mencari penyelesaiannya ketika permasalahan itu terjadi.

Contoh:
Dalam mengerjakan tugas Paedagogi, baik individu maupun kelompok, saya berusaha menyelesaikannya dan meng-uploadnya sebelum deadline pengumpulan tugas agar tidak terjebak dengan masalah jaringan yang tidak connect yang nantinya akan membuat pengumpulan tugas saya terlambat.

2. Loss of confidence (kehilangan kepercayaan)
Adalah seorang pendidik harus mempersiapkan diri terlebih dahulu tentang suatu materi dan menguasainya sehingga terbuka dengan pengembangan ide-ide baru dari anak didiknya sehingga dapat meyakinkan anak didiknya dan tidak canggung.

Contoh:
Ketika saya akan presentasi dalam satu mata kuliah, saya mempersiapkan diri terlebih dahulu mengenai materi yang akan saya presentasikan agar saya dapat menguasai bahan dan dapat mempresentasikannya dengan baik sehingga audiens juga mengerti, paham, dan yakin bahwa saya mampu melakukan presentasi dengan baik.

3. The period of confusion (masa kacau)
Adalah masa dimana arah dan tujuan pembaruan belum jelas, sehingga agak membingungkan peserta didik namun masih dapat diatasi oleh pendidik.

Contoh:
Dalam pertemuan pertama mata kuliah Paedagogi (kontrak), dosen pembimbing memberitahukan bahwa akan ada tugas kelompok untuk mengobservasi metode pembelajaran di dalam sekolah tertentu. Peserta didik awalnya belum mengetahui dengan jelas bagaimana pengerjaannya dan apa saja yang akan diobservasi, namun kemudian dosen menjelaskannya kembali dengan detail sehingga peserta didik mengerti.

4. The blacklash
Adalah upaya-upaya yang dilakukan dalam pembaruan pendidikan ketika muncul kasus yang agak sulit untuk diselesaikan.

Contoh:
Dalam presentasi, ada audiens yang menanyakan tentang suatu hal. Ketika saya tidak bisa menjawab, saya mencoba membuka buku teks dan membacanya, mendiskusikan dengan teman satu kelompok, ataupun meminta pendapat dari audiens yang lainnya.

Susi Tambunan
081301061

0 komentar:

Posting Komentar